SMPN 1 Singojuruh

Visi

Kurikulum Operasional Sekolah disusun oleh Satuan Pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidkan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan diantaranya adalah:perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, era informasi, pengarh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, era perdagangan bebas.

Tantangan dan peluang itu harus direspon oleh SMP Negeri 1 Singojuruh, sehingga visi sekolah diharapkan sesua dengan arah perkembangan tersebut.
Visi tidak lain merupakan cita-cita moral yang menggambarkan profil sekolah yang dinginkan di masa datang.

Adapun visi SMP Negeri 1 Singojuruh adalah
BERAKHLAK MULIA, BERPRESTAS, BERBUDAYA LINGKUNGAN, DAN BERWAWASAN GLOBAL
Indikator visi meliputi:

  1. Terwujudnya sikap beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  2. Terujudnya karakter sesual dengan nilainilai Pancasila.
  3. Terwujudnya peningkatan kompetensi literasi.
  4. Terwujudnya sikap yang integritas.
  5. Terwujudnya sikap peduli dan berbudaya lingkungan.
  6. Terwujudnya optimalisasi bakat, minat, dan potensi siswa.
  7. Terwujudnya keunggulan dalam prestasi akademik maupun nonoakademik.
  8. Terwujudnya keunggulan dalam budaya lokal.
  9. Terwujudnya budaya literasi dan penelitian di lingkungan sekolah.
  10. Terwujudya iklim perbelajaran paradigma baru (pembelajaranberdeferensiasi, aktif, dan menyenangkan.
  11. Terwujudnya kelengkapan sarana dan prasarana belajar siswa.
  12. Terwujudny lingkungan belajar yang nyaman, aman, dan menyenangkan.
  13. Terwujudnya keterampilan dalam teknologi, informasi, dan komunikasi situasi dengan kebutuhan global.

Misi

  1. Membimbing siswa untuk memilliki keimanan sesuai agama dan keyakinan masing-masing.
  2. Mengembangkan wawasan nusantara untuk cinta terhadap tanah air.
  3. Mengembangkan iklim lingjungan untuk pengembangan karakter sesuai nilai-nilai Pancasila.
  4. Membina siswa untuk memiliki budaya literasi dan numerasi.
  5. Membina siswa dalam bidang nonakademik sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki sehingga menjadi pribadi yang mandiri.
  6. Menciptakan budaya pembelajar sepanjang hayat untuk meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
  7. Terselenggaranya kegiatan pembelajaran paragima baru (pembelajaran berdeferensiasi, aktif, dan menyenangkan.
  8. Membina siswa untuk melaksanakan kebersihan lingkungan menjadi budaya dankarakter seluruh warga sekolah.
  9. Mengembangkan sikap peduli pelestari lingkungan dan mencegah kerusakan sserta pencemaran lingkungan.
  10. Memberdayakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk pengembangan
    life skill.
  11. Optimalisasi bidang akademik dan nonakademik untuk peningkatan potensi, bakat, dan minat peserta didik.
  12. Mengembangkan seni dan budaya leluhur untuk menciptakan jiwa pelestari budaya lokal
  13. Mengembangkan manajemen partisipatif dan melibatkan seluruh warga sekolah dan komite.
  14. Terpenuhinya sarana dan prasarana untuk peningkatan mutu pendidikan.
  15. Membimbing, melatih, dan mengembangkan potensi siswa untuk memiliki keterampilan dalam teknologi, informasi, dan komunikasi, sesai kebutuhan global.
  16. Memiliki kecakapan dalam mengoperasikan kemampuan IT dalam menyongsong era globalisasi.